Cara Edit Desain Website, Mengubah Tampilan Website agar Tidak Membosankan
16 Apr, 2024

12 Poin Penting dalam Membuat Desain Website

Dalam era digital yang semakin maju, proses membuat desain website telah menjadi bagian integral dari identitas perusahaan. Website berfungsi sebagai wajah perusahaan di dunia maya, seringkali menjadi titik pertama kontak antara Anda dan calon pelanggan atau klien. Oleh karena itu, memiliki website yang dirancang dan dibuat dengan baik adalah elemen penting dalam menciptakan kesan pertama yang positif dan membangun kredibilitas di mata pengunjung.

Desain website yang tepat memiliki kekuatan untuk menarik perhatian pengunjung, mempertahankan minat mereka, dan akhirnya mengubah mereka menjadi pelanggan yang setia. Desain yang menarik mencakup segala sesuatu mulai dari tata letak yang intuitif, warna yang menarik, hingga konten yang informatif dan relevan. Kombinasi elemen-elemen ini dapat menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi pengunjung dan mendorong mereka untuk kembali.

Sebaliknya, desain website yang monoton atau kurang menarik dapat menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan Anda. Sebuah situs yang sulit untuk dinavigasi, misalnya, dapat membuat pengguna merasa frustrasi dan memilih untuk meninggalkan situs lebih cepat. Begitu juga dengan desain yang kaku atau tidak responsif, hal ini dapat membuat pengguna merasa tidak nyaman dan kurang berkesan.

Mengingat pentingnya desain website yang menarik, menjadi penting untuk memahami dan menguasai cara membuat dan mengedit desain website. Dalam era digital yang serba cepat ini, meremajakan dan memperbaharui tampilan website Anda bukanlah hanya opsi, tetapi suatu keharusan. Dengan pendekatan yang tepat dan alat yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa website Anda tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga fungsional dan responsif, sehingga mampu menjangkau dan mempertahankan perhatian pengguna.

Poin-Poin yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Desain Website

1. Menggunakan Template dan Tema

Salah satu cara termudah untuk mengubah tampilan website Anda adalah dengan memanfaatkan template atau tema. Ada ratusan pilihan template dan tema yang tersedia secara online, masing-masing dengan desain dan fitur uniknya sendiri. Dengan template atau tema, proses pengeditan desain website bisa menjadi lebih mudah dan cepat, karena Anda hanya perlu menyesuaikan elemen-elemen tertentu sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

2. Manfaatkan HTML dan CSS

Jika Anda menginginkan kontrol yang lebih besar atas desain website, maka HTML dan CSS dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan kedua bahasa pemrograman ini, Anda dapat merancang dan mengubah struktur website Anda dari awal. Lebih dari itu, HTML dan CSS memungkinkan Anda untuk menambahkan elemen-elemen yang kaya, seperti gambar dan video, sehingga membantu meningkatkan kualitas visual website Anda.

3. Mengaplikasikan Aplikasi Desain Website

Seiring dengan perkembangan teknologi, ada banyak aplikasi desain website yang dapat membantu Anda merancang dan memodifikasi desain website Anda. Aplikasi ini biasanya memiliki fitur lengkap yang memudahkan proses pengeditan, memungkinkan Anda menambahkan dan memodifikasi elemen-elemen seperti gambar, video, dan banyak lagi.

4. Menggunakan Platform CMS (Content Management System) untuk Memudahkan Membuat Desain Website

Platform CMS seperti WordPress, Joomla, atau Drupal memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengubah desain website Anda dengan mudah. CMS ini umumnya memiliki banyak pilihan tema dan plugin yang dapat membantu Anda mempersonalisasi tampilan website Anda. Anda juga bisa merubah konten website dengan mudah tanpa perlu memiliki pengetahuan pemrograman yang mendalam.

5. Mengikuti Tren Desain Web

Tren desain web terus berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, mengikuti tren terbaru bisa membantu website Anda terlihat modern dan relevan. Misalnya, saat ini tren desain yang minimalis, penggunaan gambar dan ilustrasi besar, dan elemen parallax scrolling sedang populer.

6. Mengintegrasikan Media Sosial

Media sosial adalah bagian penting dari strategi pemasaran online banyak bisnis. Mengintegrasikan fitur media sosial dalam desain website Anda tidak hanya dapat meningkatkan interaksi dengan pengunjung, tetapi juga dapat memperluas jangkauan dan visibilitas bisnis Anda.

7. Mengoptimalkan UX/UI

User Experience (UX) dan User Interface (UI) adalah aspek penting dalam desain website. Mereka mempengaruhi bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda. UX yang baik berarti website Anda mudah digunakan dan dinavigasi, sementara UI yang baik berarti tampilan website Anda menarik dan intuitif.

8. Melakukan Testing dan Evaluasi

Setelah melakukan perubahan pada desain website, penting untuk melakukan testing dan evaluasi. Ini memungkinkan Anda untuk melihat apakah perubahan yang dilakukan berfungsi dengan baik dan menarik bagi pengguna. Anda bisa menggunakan metode A/B testing, survei pengguna, atau analytics untuk mengukur kinerja desain website Anda.

9. Responsif pada Perangkat Mobile

Dengan semakin banyaknya pengguna yang mengakses web melalui perangkat mobile, penting untuk memastikan bahwa desain website Anda responsif dan dapat ditampilkan dengan baik di semua perangkat. Ini termasuk memastikan bahwa gambar dapat diskalakan dengan benar, teks mudah dibaca, dan navigasi situs dapat digunakan dengan mudah di layar yang lebih kecil.

10. Pemanfaatan Teknologi Terbaru dalam Membuat Desain Website

Pemanfaatan teknologi terbaru seperti AR (Augmented Reality), VR (Virtual Reality), atau AI (Artificial Intelligence) dapat membantu membuat situs web Anda menjadi lebih interaktif dan menarik. Misalnya, chatbot berbasis AI dapat digunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan, sementara AR dan VR dapat digunakan untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan imersif kepada pengguna.

11. Memperhatikan Waktu Muat Halaman

Waktu muat halaman juga penting dalam desain web. Pengguna cenderung meninggalkan situs web yang membutuhkan waktu lama untuk dimuat. Oleh karena itu, penting untuk mengoptimalkan elemen pada situs web Anda, seperti gambar dan skrip, untuk memastikan bahwa halaman dapat dimuat secepat mungkin.

12. SEO Friendly

Desain website juga harus memperhatikan aspek SEO (Search Engine Optimization). Hal ini mencakup penggunaan kata kunci yang tepat, struktur URL yang baik, dan desain yang responsif. Website yang SEO friendly akan memiliki peluang lebih baik untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari, sehingga meningkatkan visibilitas dan lalu lintas web Anda.

Kesimpulan dalam Membuat Desain Website

Membuat desain yang baru atau melakukan perubahan pada desain yang sudah ada mungkin terasa seperti tugas yang menakutkan. Namun, dengan pemahaman yang benar dan alat yang tepat, Anda dapat dengan mudah merubah tampilan website Anda menjadi lebih menarik dan user-friendly. Mulai dari penggunaan template dan tema, pemanfaatan HTML dan CSS, hingga aplikasi desain website, berbagai metode dapat diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan dan kapabilitas Anda.

Lebih jauh, pemahaman terhadap tren desain web, integrasi media sosial, pengoptimalan UX/UI, dan responsivitas pada perangkat mobile semakin penting dalam proses membuat desain di era digital ini. Jangan lupa untuk selalu melakukan testing dan evaluasi, serta memastikan website Anda SEO-friendly dan memiliki waktu muat halaman yang cepat.

Ingatlah bahwa website Anda adalah representasi online perusahaan Anda. Oleh karena itu, investasikan waktu dan upaya Anda untuk membuat desain sebaik mungkin. Desain website yang menarik dan memikat tidak hanya akan membantu Anda menonjol di antara kompetisi, tetapi juga akan menarik lebih banyak pengunjung dan potensi pelanggan. Selamat bereksperimen dan menemukan apa yang paling efektif untuk website Anda!

Ditulis oleh Admin Website dalam Desain, Internet & Bisnis dan dengan tag

Tinggalkan balasan